Rabu, 18 Februari 2015

Smart City


Smart City atau secara harfiah berarti kota pintar, merupakan satu konsep pengembangan, penerapan, dan implementasi teknologi yang diterapkan untuk suatu wilayah (khususnya perkotaan) sebagai sebuah interaksi yang kompleks diantara berbagai sistem yang ada didalamnya. Disini digunakan kata city (kota) untuk merujuk kepada kota sebagai pusat dari sebuah negara atau wilayah, di mana semua pusat kehidupan berada (pemerintahan, perdagangan, pendidikan, kesehatan, pertahanan, dan lain-lain).

Smart City diartikan sebagai “perkotaan yang dikembangkan melalui penciptaan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan kualitas hidup yang tinggi dengan membangun keunggulan dalam beberapa bidang utama, yaitu ekonomi, mobilitas, lingkungan, manusia, kehidupan, dan pemerintah”.
Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Smart City sendiri tersusun dari komponen-komponen pendukung yakni : smart economy, smart people, smart governance, smart government, smart mobility, smart environment, dan smart living. Smart city akan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat yakni peningkatan kualitas hidup seperti efisiensi dan efektifitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, pengurangan kongesti bagi pengguna jalan, serta mengurangi polusi dan emisi gas buang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar